Sabtu, 30 Maret 2013

Jenis Dioda.....

Dioda adalah komponen yang paling sederhana pada keluarga semikonduktor.
Kata “dioda” adalah sebuah kata majemuk yang berarti “dua elektroda”, dimana “di” berarti dua dan “oda” yang berarti elektroda. Jadi dioda adalah dua lapisan elektroda N (katoda) dan lapisan P (anoda), dimana N berarti negatif dan P adalah positif.
Gambar diatas menunjukkna simbol dari dioda ideal. Sifat dasar dari dioda adalah untuk mengubah arus AC menjadi arus DC. Dioda akan menghantarkan arus bila diberi beda tegangan. Di dalam rangkaian elektronika dioda ideal biasanya digunakan hanya sebagai penyearah tegangan.
Menurut kelompoknya dioda digolongkan dalam dua jenis, yaitu :
  1. Dioda germanium : pada dioda germanium tegangan idealnya berkisar antara 0,3 v pada suhu sekitar 25Âșc.
  2. Dioda silicon : sedangkan pada dioda silicon tegangan idealnya berkisar antara 0,7 v pada suhu yang sama.
Yang dimaksud dengan tegangan ideal adalah, dioda akan menghantarkan arus bila diberi tegangan sumber lebih besar dari tegangan idealnya. Dan dioda tidak akan menghantarkan arus apabila tegangan yang melaluinya lebih kecil dari tegangan idealnya. Tetapi mungkin akan ada tegangan yang akan dialirkan oleh dioda itu, dan besarnya hanya sebesar tegangan ideal dan besarnya tegangan ideal yang akan dialirkan tergantung dari jenis dioda yang digunakan. Oleh karena itu dioda juga dapat digunakan sebagai saklar pada rangkaian elektronika selain digunakan sebagai mana fungsinya yaitu sebagai penyearah tegangan

0 komentar:

 

About